Mengenal Waresix dan Bagaimana Cara untuk Memilih Sistem Manajemen Transportasi yang Tepat untuk Bisnis Anda

0 Comments

Perusahan logistik sudah cukup banyak saat ini, salah satu brand logistik yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah Waresix. Dengan nama PT. Tibeka Logistik Indonesia, perusahaan ini mampu melakukan berbagai aktivitas logistik di indonesia. Waresix itu sendiri berdiri pada tahun 2017 yang dibangun oleh Andree Susanto, Edwin dan Filbert Hansei. Hingga saat ini, perusahaan logistik tersebut sudah memiliki 2 mitra gudang. 

Setelah mengenal salah satu perusahaan logistik, ada salah satu pertanyaan yang wajib ditanyakan saat memilih perusahaan logistik, atau sistem manajemen transportasi yang tepat untuk bisnis. Bila Anda ingin mengetahui sistem manajemen transportasi lebih dalam, artikel berikut akan membahasnya dan akan memberi tahu cara yang tepat untuk memilih jasa tersebut. Mari kita simak ulasannya! 

Pengertian Sistem Manajemen Transportasi 

Dilansir dari beberapa sumber, Sistem Manajemen Transportasi adalah suatu rangkaian sistem yang dipasang dalam suatu kendaraaan agar dapat dilacak oleh pemilik kendaraan atau si pihak ketiga. Pada umumnya, sistem pelacakan transportasi menggunakan  sistem pemosisi global atau yang disebut juga dengan GPS yang dipergunakan untuk menentukan lokasi kendaraan. 

Selain menggunakan GPS, sistem manajemen transportasi juga bertujuan untuk frekuensi radio yang dipergunakan untuk menentukan suatu posisi. Sistem manajemen transportasi pada dasarnya memiliki komponen komunikasi seperti seluler dan satelit yang bertujuan  untuk memberikan informasi dimana kendaraan tersebut kepada pengguna di tempat lain. 

Kegunaan Sistem Manajemen Transportasi

Kegunaan sistem manajemen transportasi tidak lepas dari pelacak posisi kendaraan. Tujuan dari pelacak posisi kendaraan ini bertujuan untuk membantu para manajemen armada agar mampu lebih mudah dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan armada mereka. 

Selain itu, pelacak posisi kendaraan ini diharapkan dapat mengetahui biaya perawatan di setiap kendaraan di setiap kilometer, atau konsumsi bahan bakar yang digunakan dalam suatu kendaraan. 

Keberadaan pemantau alat kendaraan ini juga berfungsi sebagai hal yang dapat mengurangi biaya premi asuransi. Artinya bahwa pemantau alat kendaraan ini juga dapat bertujuan sebagai hal yang bisa mengurangi resiko kehilangan kendaraan yang diakibatkan karena pencurian, sehingga tidak perlu repot menambahkan biaya premi asuransi dan dapat mengurangi biaya premi kepada para pelanggan. 

Jika dilihat secara spesifik, sistem manajemen transportasi bertujuan untuk mengoptimalkan pergerakan keluar dan masuk barang fisik yang dipastikan berada di seluruh rantai pasokan barang. Sistem manajemen transportasi barang adalah sebuah platform yang bertujuan untuk merencanakan dan melaksanakan suatu pergerakan barang. Ia juga bisa disebut sebagai perangkat lunak manajemen transportasi 

Cara Memilih Sistem Manajemen Transportasi yang Tepat untuk Bisnis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih TMS (Transportation Management  System) yang tepat untuk bisnis yang Anda geluti. Beberapa di antaranya adalah: 

Pahami Usaha atau Bisnis Anda Dalam Berbagai Sisi

Salah satu hal yang paling penting dilakukan adalah dengan mengetahui bagaimana cara kerja dari perusahaan Anda yang kemudian Anda lihat dari berbagai sisi. 

Artinya bahwa Anda yang harus mengetahui lebih dulu tentang konsep atau pemahaman Anda seputar bagaimana perusahaan Anda menjalankan operasi logistik, sehingga ini akan membuat Anda lebih gampang dalam bekerja. 

Inti dari pahami bisnis adalah tentang cara Anda untuk memahami operasi logistik Anda dapat berjalan dengan lancar. 

Untuk mempermudah langkah pemahaman operasi logistik, ada beberapa hal yang harus dilakukan, beberapa di antaranya adalah dengan memikirkan: 

  1. Seberapa banyak moda yang diperlukan atau dikirimkan untuk perusahaan saya? 
  2. Seberapa banyak pengiriman yang Anda lakukan dalam kurun waktu sebulan?
  3. Apakah perusahaan yang Anda geluti beroperasi di  berbagai lokasi?
  4. Apakah Anda melibatkan banyak orang untuk melakukan proses pengiriman? 
  5. Apakah Anda dan tim menggunakan ERP dalam merampingkan pesanan yang akan dilakukan? 
  6. Apakah rute pengiriman menjadi tantangan yang besar bagi Anda? 

Putuskan Seberapa Besar Anggaran yang Ingin Anda berikan untuk Sistem Manajemen Transportasi 

Sistem manajemen transportasi yang kuat akan membantu Anda dalam proses pengiriman barang. Jika tidak, maka Anda akan gagal dalam melakukan proses pengiriman barang. salah  satu hal mutlak dalam memilih sistem manajemen transportasi adalah dengan mengetahui seberapa besar anggaran yang diinvestasikan. 

Selain itu, menginvestasikan uang Anda dalam TMS (Transportation Management System)  berarti Anda harus mengetahui apakah TMS ini layak atau tidak menjadi mitra Anda. Dengan demikian, Anda akan mampu mengirimkan barang dengan tepat dari Sistem Manajemen Transportasi yang oke. 

Pastikan Anda mengetahui Pasar dan FItur Sistem Manajemen Transportasi

Setelah sudah tahu bagaimana sistem operasionalisasi fungsional berupa anggaran dan cara kerja dari Sistem Manajemen transportasi, maka hal selanjutnya yang harus dikuasai adalah memahami pasar dan fitur sistem Manajemen Transportasi itu sendiri. 

Ada beberapa Sistem Manajemen Transportasi yang ternyata tidak sepenuhnya lengkap. Akibatnya Anda hanya menggunakan aggregator yang ternyata tidak membantu sama sekali dalam mengantarkan barang atau pesanan yang Anda miliki. 

Untuk memilih Sistem Manajemen Operasi yang baik untuk Anda, maka pastikan Anda memesan Sistem Manajemen Transportasi yang bagus di berbagai testimoni, review dari para konsumen dan rating yang mereka dapatkan. Dengan demikian, Anda akan mendapat Sistem Manajemen Transportasi yang tepat ketika telah mengetahui pasar dan sistem manajemen transportasi dalam bentuk fitur yang mereka tawarkan. 

Tuliskan Pro dan Kontra Jika Ingin Menggunakan Sistem Manajemen Transportasi

Adalah salah satu langkah yang paling mudah bila Anda mengetahui suatu sistem Manajemen Tranporasi dalam bentuk pro dan kontranya. Faktor-faktor pro dan kontra yang bisa Anda tuliskan ketika Anda menggunakan jasa ini adalah dapat dilihat dari berbagai faktor, di antaranya adalah: 

  1. Apakah peningkatan visibilitasnya baik atau tidak? 
  2. Apakah Sistem Manajemen transportasi ini bisa menghemat waktu? 
  3. Apakah ada otomatisasi transaksi? 
  4. Apakah ada integrasi dengan sistem lain yang saat ini digunakan? 

Penutup

Sistem Manajemen transportasi memang agar sulit untuk memilih bisnis yang Anda jalankan. Namun salah satu cara yang paling ampuh yang bisa digunakan adalah dengan mengetahui fitur yang mereka tawarkan dan apa saja Jasa perusahaan Sistem Manajemen Transportasi yang populer di kalangan pebisnis. Demikian artikel kali ini dan semoga membantu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.